Poli Dokter Spesialis

Memberikan pelayanan kepada pasien yang memerlukan penanganan lebih lanjut dengan dilayani oleh dokter spesialis, yang meliputi spesialis penyakit dalam, bedah, anak, obgyn, syaraf dan paru.

Tenaga medis yang ada di instalasi rawat jalan adalah tenaga medis yang bersertifikat,dan berkompeten dibidangnya dalam arti sudah lulus dari pendidikan kedokteran dokter spesialis serta lulus dalam kredensial yang di lakukan oleh komite medik.

 

Pelayanan Poli Dokter Spesialis :

  1. Poli Dalam dimana di dalamnya mencakup pelayanan konsultasi,pemeriksaan fisik, perekaman EKG, tes kesehatan dan MCU. Dokter yang melayani adalah Spesialis penyakit dalam.
  2. Poli Bedah umum dimana di dalamnya mencakup pelayanan konsultasi, pemeriksaan fisik, perawatan luka, angkat jahitan, pemeriksaan colok dubur,.Dokter yang melayani adalah dokter Spesialis bedah umum.
  3. Poli Anak dimana di dalamnya mencakup pelayanan konsultasi, pemeriksaan fisik. Dokter yang melayani adalah Spesialis anak.
  4. Poli Obgyn dimana di dalamnya mencakup pelayanan konsultasi, pemeriksaan kehamilan, konsultasi kandungan / alat kontrasepsi, USG kandungan 2D dan 4D, inspekulo, tindakan pemasangan dan lepas alat kontrasepsi iud, implant, dan serta perawatan luka setelah operasi section cecaria. Dokter yang melayani adalah dokter Spesialis Obgyn.
  5. Poli Syaraf dimana di dalamnya mencakup pelayanan konsultasi, pemeriksaan fisik dan tindakan oleh dokter spesialis syaraf. Dokter yang melayani adalah dokter Spesialis Syaraf
  6. Poli Paru dimana di dalamnya mencakup pelayanan konsultasi,pemeriksaan fisik dan tindakan oleh dokter spesialis paru. Dokter yang melayani adalah dokter Spesialis Paru.

Berikut ini merupakan Pelayanan Poli Dokter Spesialis

1. Poli Anak

Dokter spesialis anak bertugas untuk memberikan tindakan pencegahan penyakit pada bayi, anak, dan remaja yang sehat, serta memberikan pengobatan pada anak yang sakit, baik akut maupun kronis. Tak hanya itu, dokter spesialis anak juga memiliki peran dalam mendiagnosis dan mengevaluasi tumbuh kembang anak.

Anda disarankan untuk membawa Si Kecil ke dokter spesialis anak jika ia mengalami beberapa kondisi di bawah ini:

  1. Demam, terutama jika berlangsung lebih dari 3 hari
  2. Kejang
  3. Muncul ruam dan gejala alergi
  4. Nyeri saat buang air kecil
  5. Gangguan sistem pencernaan, meliputi mual, muntah, dan diare
  6. Gangguan pernapasan, seperti batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh atau saat anak mengalami gejala sesak napas
  7. Gangguan tumbuh kembang, seperti kurang gizi atau terlambat bicara.

 

 

2. Poli Penyakit Dalam

Poli penyakit dalam merupakan unit pelayanan yang menangani berbagai keluhan, gejala, dan masalah kesehatan terkait hampir seluruh sistem organ dalam tubuh pasien dewasa dan lansia. Penanganan yang dilakukan mencakup semua organ tubuh bagian dalam.

Pelayanan di poli penyakit dalam meliputi pelayanan konsultasi, pemeriksaan fisik dan perekaman EKG.Dokter yang melayani adalah dokter spesialis penyakit dalam. Dokter Spesialis Penyakit Dalam akan mendiagnosis dan menangani penyakit pada orang dewasa dan lansia, baik akut maupun kronis, melalui tindakan non bedah, memberikan rekomendasi perawatan penyakit yang diderita pasien dewasa dan lansia dan memberikan pemahaman tentang kesehatan secara umum kepada pasien, mencakup cara menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, Poli Spesialis Penyakit Dalam RSUD Jatisampurna didukung oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang profesional, terampil, berpengalaman, dan ahli pada bidangnya.



3. Poli Paru

Dokter spesialis paru adalah seorang dokter ahli yang menangani penyakit dan gangguan pada paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Penyakit paru adalah salah satu gangguan pernapasan yang paling sering ditemukan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya infeksi, genetik, risiko pekerjaan, atau kebiasaan merokok.

4. Poli Kandungan Dan Kebidanan

Poli Spesialis Kandungan dan Kebidanan melayani pemeriksaan pada masa kehamilan atau ANC (Ante Natal Care), kelahiran dan kesehatan ibu pasca melahirkan serta layanan konsultasi terkait kewanitaan dan reproduksinya.

Jenis Pelayanan :

  1. Konsultasi permasalahan kewanitaan
  2. Konsultasi kehamilan
  3. Layanan kehamilan resiko tinggi
  4. Infertilitas (Program Hamil)
  5. Persalinan
  6. Gangguan reproduksi
  7. KB
  8. Obat

 

 

5. Poli Fisioterapi

Fisioterapi adalah profesi di bidang kesehatan yang bertujuan membantu pemulihan pasien dari cedera, sakit, atau disabilitas. Ahli fisioterapi disebut fisioterapis. Lewat fisioterapi, pasien dibimbing dan dibantu untuk mengembalikan kemampuan fungsional dan gerakannya.

6. Poli Syaraf

Poli syaraf merupakan unit pelayanan yang menangani penyakit dengan gangguan yang terjadi pada sistem saraf tubuh, meliputi otak dan sumsum tulang (sistem saraf pusat), serta saraf yang menghubungkan sistem saraf pusat dengan organ tubuh (sistem saraf perifer). Terganggunya sistem saraf dapat menyebabkan terganggunya seluruh atau sebagian fungsi tubuh, seperti sulit bergerak, bernapas, berbicara, gangguan ingatan, serta gangguan fungsi organ tubuh bagian dalam, seperti jantung dan paru.

Pelayanan di poli syaraf meliputi pelayanan konsultasi ,pemeriksaan fisik dan tindakan oleh dokter spesialis syaraf. Dokter Spesialis Syaraf akan melakukan pemeriksaan fisik, serta menelusuri riwayat keluhan penyakit yang dirasakan pasien. Selanjutnya, Dokter Spesialis Syaraf akan menyarankan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan diagnosa penyakit yang diderita pasien.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, Poli Spesialis Syaraf RSUD Jatisampurna didukung oleh Dokter Spesialis Syaraf yang profesional, terampil, berpengalaman, dan ahli pada bidangnya

 

 

7. Poli Bedah

Poli bedah merupakan unit pelayanan yang menangani penyakit dan kondisi gawat darurat pada tubuh melalui metode bedah (operatif) dan obat-obatan.

Pelayanan di poli bedah meliputi pelayanan konsultasi,pemeriksaan fisik,perawatan luka,angkat jahitan dan pemeriksaan colok dubur. Dokter yang melayani adalah dokter spesialis penyakit bedah.Dokter bedah akan melakukan diagnosis sesuai keahlian dan ilmu yang dimiliki untuk menentukan perlu atau tidaknya prosedur bedah dilakukan. Dalam menangani pasien, Dokter Bedah bertugas merawat pasien pada saat sebelum, selama, dan setelah prosedur pembedahan.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, Poli Spesialis Bedah RSUD Jatisampurna didukung oleh Dokter Spesialis Bedah yang profesional, terampil, berpengalaman, dan ahli pada bidangnya.

 

8. Poli Gigi

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut (Poli Gigi) merupakan salah satu dari jenis layanan di RSUD Kelas D Jatisampurna yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pengobatan dan pemberian tindakan medis dasar kesehatan gigi dan mulut seperti penambalan gigi, pencabutan gigi dan pembersihan karang gigi, juga melayani tindakan medis spesialistik tingkat pertama seperti perawatan saluran akar pada gigi anterior atau gigi satu saluran akar. Selain itu juga memberikan penyuluhan dan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai bagian dari menjaga kesehatan pribadi, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut.

 KONSERVASI GIGI

Konservasi Gigi adalah bidang spesialistik yang bertujuan untuk melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut, sehingga estetika dan fungsi kunyah gigi dapat kembali normal. Perawatannya meliputi penambalan pada gigi yang berlubang, perawatan syaraf pada gigi yang sudah mati atau sisa akar, pemutihan gigi, perbaikan estetika pada gigi dan lain sebagainya.

JENIS PELAYANAN KONSERVASI GIGI

  • Perawatan dan pencegahan gigi berlubang.
  • Penambalan gigi sesuai dengan kasus (onlay & inlay).
  • Perawatan gigi berlubang dalam yang sudah mencapai ke ruang saraf.
  • Perawatan saluran akar gigi, dentin hipersensitif, fraktur mahkota gigi, lesi karies radiasi, gigi avulsi.
  • Bedah endodonti.
  • Layanan estetik pemutihan gigi seperti veneer dan bleaching.
  • Post perawatan saluran akar (mahkota pasak logam, mahkota fiber post).